Kamis, 23 Februari 2017

Penjumlahan Beda Sheet Pada Excel

Penjumlahan Beda Sheet Pada Excel

Mungkin penjumlahan dalam microsoft excel adalah sesuatu yang biasa di lakukan apalagi jika memang laporan. Biasanya kita melakukan penjumlahan dalam sheet yang sama, dan kali ini kita akan melakukan penjumlahan dalam sheet yang berbeda, sebetulnya tidak ada pebedaan yang significan dalam penjumlahan atau Sum dalam excel hanya saja karena ini merupakan beda sheet di tambah dengan memasukan rumus sheet pada formula yang akan kita buat.
Ok saya akan memberikan contoh atau sample dalam penjumlahan antar sheet pada file yang sama 
1. Disini kita mempunyai data yang sudah kita jumlahkan dan hasil dari yang di jumlahkan itu kita akan jumlahkan lagi di sheet yang berbeda, untuk itu kita lihat sheet satu seperti ini. hasil penjumlahan dari =SUM(B2:B8)
2. Untuk sheet 2 kita juga telah selesai dengan penjumlahan yang ada di sheet 2 dan kita akan menggabungkan penjumlahan sheet 1 di tambah sheet 2, Untuk di sheet 2  memakai rumus  =SUM(B2:B8)

3. Untuk penjumlahan berikutnya adalah penjumlahan yang kita lakukan di sheet 3 yaitu menjumlahakn hasil atau jumlah keseluruhan dari sheet 1 + sheet 2 dan formula yang kita masukan adalah seperti ini,  =SUM(Sheet1!B9)+(Sheet2!B9), ini adalah penjumlahn yang sudah jadi

4. Kita juga bisa menjumlahkan tanpa di jumlahkan terlebih dahulu sheet1 atau sheet2 nya dan di sheet3 kita bisa memakai rumus formula seperti berikut dan hasilnya akan sama seperti di No 3
 =SUM(Sheet1!B2:B8)+SUM(Sheet2!B2:B8) .

1 komentar:

  1. habis ini bisa dirata" lagi gak hasil penjumlahan beda sheetnya?

    BalasHapus